Profile

BARBARA SFRAGA – OH, WHAT A THRILL

Menyimak vokal seorang penyanyi jazz tentu saja tidak akan membosankan jika teknik yang dibawakan berbeda dengan penyanyi lain atau dengan sebutan sederhana unik dan khas. Itulah yang bisa anda simak jika mendengarkan album Barbara Sfraga bertitel Oh, What a Thrill. Nancy Ann Lee dalam JazzTimes bulan Mei 2000 mengomentari penampilan Barbara Sfraga ini mengingatkan pada Anita O’Day, Ella Fitzgerald atau Patricia Barber.

Album yang direlease oleh Naxos Jazz ini merangkum 12 lagu yang terdiri dari berbagai warna namun corak post-bop/avant-garde memang lebih mengemuka. Ia sendiri tercatat memiliki latar belakang memainkan organ dalam sebuah band rock padahal saat yang bersamaan ia sedang belajar klasik, bayangkan!. 4 lagu dialbum ini yaitu ‘Livin the life of Freedom’, ‘Slug it Up’, ‘Who’s to Blame?’ dan ‘Song for my Mother’ ditulis ulang Barbara Sfraga. Album ini juga menjadi buah karya pertamanya sebagai leader.

Beberapa nomor yang menarik di album ini adalah sajian scat sing pada ‘Livin the life of Freedom’ yang diiringi oleh paduan drum dan bass. Atau free jazz pada ‘Slug It Up’, ‘Great Balls of Fire’ yang panjangnya hanya 27 detik merupakan intro yang mulus dibawakan oleh Sfraga, terlihat upayanya untuk menunjukan warna khasnya. Membawakan nomor lama tanpa harus terkesan bernostalgia adalah sajian berikutnya di ‘I Didn’t Know What Time it Was’. Pada nomor ‘Invitation’ Mark Murphy yang membantu album ini berkomentar, “biasanya para penyanyi tidak mampu mengundang interaksi audiens untuk bernyanyi bersama dalam lagu yang sulit ini, tapi Sfraga mampu melakukannya dengan gampang”.

BARBARA SFRAGA – OH, WHAT A THRILL
(Naxos Jazz – 1998 – 86047-2)

1. Intro (Great Balls of Fire) – :27
2. Great Balls of Fire – 5:29
3. Miss Harper Goes Bizarre – 5:21
4. Livin’ the Life of Freedom – 5:13
5. Who’s to Blame- 3:09
6. Slug It Up – 3:57
7. Good Morning Heartache – 5:48
8. I Didn’t Know What Time It Was- 6:23
9. Angel Eyes (Sunshine of Your Love) – 5:16
10. Invitation- 4:09
11. I’ll Call You- 3:05
12. Song for My Mother – 4:39

Musisi :
Barbara Sfraga : vokal
Bruce Saunders : gitar
David Berkman : piano
John Hebert : bass
Eric Halvorson : drum
Fred hersch : piano
Mark Murphy : vokal

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker