Profile

JAGA JAZZIST – AIRBONE

Berawal ketika pada tahun 1994 mereka sering berkumpul di Tonsberg (sekitar satu jam perjalanan darat ke arah selatan Oslo, Norwegia) dalam acara menyaksikan beberapa rekaman video musik jazz maupun sekedar mendengarkan album-album musik jazz. Beberapa di antara mereka kemudian ada yang bermain musik jazz, sampai di kemudian hari mereka membentuk sebuah group yang diberi nama Jaga Jazzist. Sepanjang perjalanan karier bermusik mereka, terutama di Norwegia sendiri, kelompok ini cukup populer. Band ini sangat dipengaruhi oleh trend yang banyak digemari saat ini oleh remaja seperti hip-hop, funk dan fusion. Sedangkan unsur-unsur yang menonjol kelompok ini adalah penggunaan peralatan elektronik seperti digital sampling, synthesizer dan sequencer. Meskipun demikian dalam waktu yang bersamaan mereka masih saja menggunakan peralatan lainnya yang “konvensional”. Seperti saxophone, vibraphone, klarinet, drum Gretsch buatan 1953, flute, tuba dan trombone.

Hentakan drum dan dentuman bass yang keduanya diperoleh dari sumber akustik maupun elektronik memang cukup menonjol. Disertai juga dengan pola-pola ornamen yang dihasilkan dari sequencer yang menambah padat aransemennya.

Pada lapisan berikutnya ditempati oleh peran pemain keyboard sebagai peletak dasar harmoninya sedangkan ornamen melodinya diperankan oleh para pemain alat tiup yang juga secara bergantian diberikan ruang gerak improvisasi yang lebih leluasa. Kelompok ini tidak secara signifikan mengambil banyak potongan dari digital sampler untuk mengisi ruang kosong yang ada. Jadi dalam kesempatan kali ini, peran instrumen akustiknya masih terasa lebih menonjol dan penguasaan instrumentasi masing-masing musisi cukup baik untuk unjuk ‘gigi’.

JAGA JAZZIST – AIRBONE
(Jaga Jazzist)

Komposisi:
01. Cannonball 4:07
02. Going Down 5:20
03. Press Play 1:06
04. Mercury 5:13
05. Real Race Cars Have Doors 4:15
06. Low Battery 5:50
07. Midget 2:32
08. Made For Radio 5:22
09. Lithuania 8:37
10. Cinematic 6:24

Musisi :
Harald Froland:
gitar, effect
Andreas Mjos: vibraphone, keyboard, perkusi
Ivar Chr. Johansen: keyboard
Martin Horntveth: tuba, perkusi
Lars Horntveth: saxophone, flute, klarinet, perkusi
Jorgen Munkeby: saxophone, flute, klarinet, keyboard, perkusi
Even Ormestad: bass, keyboard
Lars Wabo: trombon, perkusi
Mathias Eick: trumpet, keyboard, bass
Jorgen Traeen: keyboard, perkusi, elektronik
Frode Saevik: biola
Nils Olaf Solberg: biola

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker