Profile

Membangun jembatan musik: eksplorasi Mike del Ferro dalam budaya global

Pianis, komposer dan arranger kelahiran Armsterdam, Belanda pada 23 Agustus 1965 Mike del Ferro ini mempunyai bakat musik yang diturunkan dari ayahnya Leonard del Ferro seorang penyanyi opera yang pernah menyanyi dan rekaman bersama penyanyi opera terkenal Maria Callas di tahun 1958. Pada usia sembilan tahun dia sudah mulai belajar Piano Klasik dan menginjak dewasa dan berusia 17 tahun Mike mulai jatuh cinta dengan musik jazz dan melanjutkan belajar Jazz piano di Hilversum Conservatory di Belanda dan memperoleh gelar sarjana pada tahun 1990.

Mike del Ferro adalah seorang musisi yang tak kenal batas, mendorong perbatasan musik jazz dengan keahliannya yang mengesankan dan eksplorasi yang berani.

Pada tahun 1989, ia memenangkan Juara Pertama dalam Kompetisi Piano Jazz Rotterdam, Penghargaan Solois dalam Kontes Jazz Eropa di Brussels, dan Juara Pertama dalam kontes Jazz Karlovy Vary.  juga memenangkan the Prize for the best soloist pada Europa Jazz Contest di Brusells dan juga memenangkan first Prize pada Karlovy Vary Jazzcontest di Chzechoslovakia. Hal ini makin membuktikan suatu bakat dan kemahiran bermain piano yang luar biasa pada diri Mike del Ferro dan makin mengokohkan dirinya pada kancah musik jazz khususnya di Eropa.

Pada tahun 1993 dia bertemu dengan pemain valve trombone yang juga seorang komposer dan aranger yaitu Bob Brookmeyer yang sangat terkesan dengan bakat Mike sebagai seorang musisi dan komposer. Bob Brookmeyer kemudian merekomendasikan Mike untuk mendapatkan beasiswa selama tiga tahun di salah asatu universitas di Cologne, Jerman untuk studi komposisi dan aransemen dengan Bob Brookmeyer.

Pada tahun 1995 sampai tahun 1988 dia mengajar jazz piano pada Royal Concervatory di Gent, Belgia. Sejak tahun 1993 Mike telah memproduksi beberapa album diantaranya adalah album Make Someone Happy yang berisi lagu-lagu balad dan dengan bintang tamu maestro harmonika Toots Thielemans dan seorang penyanyi Brasil Sonia Genu, dan album Plays Belcanto (Opera Aria’s arranged for jazztrio) yang dimainkan bersama trionya yaitu Stefan Lievestro pada bass dan Hans Eijkenaar pada drums dengan dibantu Gustav Klimt Stringquartet , album ini berisi 13 aransemen dari lagu-lagu Opera Aria dan Neopolitan Italia dan album ini didedikasikan untuk mengenang Leonard del Ferro ayahnya yang meninggal pada tahun 1992.

Mike telah melakukan perjalanan ke seluruh dunia secara luas (hingga saat ini telah mengunjungi 117 negara), mencari kolaborasi dengan musisi dari budaya yang sangat berbeda dengan budayanya sendiri. Hasil musiknya telah membuka mata, membangun jembatan musik antara budaya yang biasanya tidak saling berhubungan. Ia berhasil menggabungkan elemen-elemen dari kanon terhormat musik Barat dengan berani melakukan improvisasi jazz, sambil memberikan penghormatan kepada struktur-struktur kuno dalam musik tradisional Asia, Amerika Selatan, dan Afrika.

Mike telah menandatangani kontrak dengan Challenge Records untuk serangkaian 10 CD yang diberi judul “lagu-lagu terinspirasi dari menjelajahi dunia”, diambil dari kolaborasi dengan musisi di seluruh dunia. CD trio pertama “The Journey” dirilis pada musim semi tahun 2012, dan album kedua, “Impressions of Brazil”, dirilis pada Agustus 2013, menampilkan Vokalis/Gitaris Ceumar dari Brasil. Album ketiga dalam seri ini, “The Johannesburg Sessions”, dirilis pada April 2015, dan pada tahun 2016 Mike merekam album keempat: “Italian Opera Meets Jazz” dengan Orkestra Metropole pemenang Grammy dan Soprano Claron McFadden. Pada tahun 2019, album kelima “From One Language to Another” dirilis, menampilkan vokalis fenomenal Belgia/Prancis, David Linx. Semua album dalam seri ini dinominasikan untuk Edison, penghargaan Grammy Belanda.

Reputasinya sebagai solis, pendamping, komposer, dan pengaransemen telah membawanya tampil dan merekam bersama musisi seperti Toots Thielemans, Scott Hamilton, Thijs van Leer (Focus), Harold Land, Benny Bailey, Michael Moore, Branford Marsalis, Jack DeJohnette, Randy Brecker, Oscar Castro Neves, Deborah Brown, Erik Truffaz, Jorge Rossy, Scott Hamilton, Richard Galliano, dan banyak lagi. Ia telah merilis lebih dari 20 album dengan namanya sendiri dan tampil sebagai sideman di banyak album dalam berbagai genre, mulai dari Dixieland hingga Salsa.

Mike memberikan perhatian pada talenta muda Indonesia Rega Dauna sang peniup harmonika dengan mengajaknya tampil dibeberapa venue internasional.

Mike del Ferro juga kerap diundang oleh berbagai festival jazz di Indonesia diantaranya NgayogJazz, Java Jazz Festival selain memberikan workshop di berbagai tempat.

DISKOGRAFI TERPILIH MIKE DEL FERRO

  • DEL FERRO/VAGANEE GROUP “Introducing” (hillstreet-hsj,1993)
  • DEL FERRO/OVERWATER/PAEFFGEN “Evening Train” (acoustic music,1994)
  • DEL FERRO/VAGANEE GROUP “Live !” (a-records,1996)
  • DEL FERRO/OVERWATER/PAEFFGEN “Dices” (acoustic music,1997)
  • MIKE DEL FERRO “Make Someone Happy” (dfm,1998)
  • MIKE DEL FERRO “Plays Belcanto” (Emarcy/Universal Music,2000)
  • Italian Opera Meets Jazz (2016)
  • From One Language to Another – Songs inspired by Wandering the Globe (2019)
  • Crazy Love (2022)

Dipublikasikan pertama kali pada 19 Oktober 2001
Diperbaharui pada 2 Juni 2023

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker