Profile

Trumpeter Mario Bauzá sang legenda Mambo King

Mario Bauza - Legenda Mambo King
Mario Bauza – Legenda Mambo King

Trumpeter Mario Bauzá lahir 28 April 1911 dan wafat 11 Juli 1993 di Havana, Cuba.

Musisi jazz Afro-Kuba ini adalah salah satu orang pertama yang memperkenalkan musik Kuba ke Amerika Serikat dengan membawa gaya musik Kuba ke kancah jazz New York City. Sementara band-band Kuba memiliki lagu-lagu jazz populer dalam repertoar mereka selama bertahun-tahun, Komposisi Bauzá “Tangá” adalah lagu pertama yang memadukan jazz dengan clave, dan dianggap sebagai jazz Afro-Cuban atau jazz Latin pertama yang benar.

Album Afro-Cuban Jazz Moods adalah karya Dizzy Gillespie and Machito, yang dimana Bauza ambil bagian juga dan direkam pada tahun 1975 dan dirilis pada label Pablo.

Bobby Sanabria, yang merupakan drummer Bauzá selama tahun-tahun terakhirnya, menunjukkan bahwa Bauzá adalah orang pertama yang mengeksplorasi teknik penyusunan jazz dengan irama Afro-Cuban otentik secara konsisten, itu adalah suara unik yang tidak ada band lain dalam genre musik Afro dance saat itu.

Chico O’Farill seorang arranger big band Kuba menyatakan “Ini adalah konsep baru dalam menafsirkan musik Kuba dengan kekayaan (harmonis) sebanyak mungkin. Anda harus memahami betapa pentingnya hal ini. Hal ini membuat setiap band lain yang muncul setelahnya bisa disebut pengikut saja.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker