Profile

Brussels Jazz Orchestra – grup keren dari Belgia

The Brussels Jazz Orchestra (BJO) didirikan pada tahun 1993 oleh Frank Vaganée, Serge Plume dan Marc Godfroid. Pada tahun-tahun awal BJO berada di klub jazz The Sounds di Brussels, yang menggelar sesi saban dua minggu sekali. Jazz Middelheim 1993 adalah festival pertama di mana BJO muncul keluar batas kota Belgia. Setelah beberapa tahun tampil di Belgia, akhirnya BJO bermain di luar negeri untuk pertama kalinya pada musim gugur 1996, di Laren (Belanda).

Pada tahun yang sama, BJO menerima penghargaan pertamanya, memenangkan Prix Nicolas d’Or. Dari tahun 1997 BJO mulai tampil di aula konser lokal dan pada Mei BJO live direkam untuk Coda di De Spil, di Roeselare. CD pertama ini mencakup komposisi oleh Bert Joris dan Frank Vaganée di antara yang lain. Pada bulan Juli datang kolaborasi pertama dengan peniup harmonika Toots Thielemans.

Kolaborasi dengan gitaris Philip Catherine dan pemain saksofon Amerika, Bill Holman, mulai terjadi tahun 1999, dan BJO merekam CD keduanya musim gugur itu, The September Sessions (De Werf) dengan komposisi oleh Bert Joris dan Frank Vaganée bersama yang lain seperti Michel Herr. Pada tahun 2000 BJO berkolaborasi dengan konduktor Amerika Maria Schneider dan penyanyi Jeanne Lee.

Pada tahun 2001, orkestra jazz 16-piece mulai merambah keluar Eropa, tampil bersama pianis Amerika Kenny Werner di New York, pada konferensi Asosiasi Internasional untuk Pendidikan Jazz (IAJE). Tur ini menandai awal dari karier internasional band ini yang diikuti Tur konser dengan Paul Michiels mengikuti di Belgia dan tahun ini mencatatkan prestasi dimana mereka mengerjakan beragam proyek dengan para tamu seperti Toots Thielemans, Theo Mertens, Dave Liebman, Bob Mintzer dan Philip Catherine. The double-cd The Music of Bert Joris (De Werf) direkam di Bruges. Pers sangat antusias dan album ini terjual lebih dari 6000 eksemplar! Jack Bowers menulis di All About Jazz: “Kami telah memberikan pujian pada Orkestra Jazz Brussels ini sebelumnya tetapi ini sungguh luar biasa musiknya!”

Selain konser di Benelux setelah rilis dari cd, BJO sekali lagi melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk tur selama seminggu dengan Kenny Werner pada tahun 2002, bermain New York (Yonker’s Pier), Boston (Sculler’s) dan di Litchfield Jazz Festival. . Belakangan tahun itu BJO bekerja dengan komposer Argentina Carlos Franzetti dan pemain terompet Gustavo Bergalli berpusat di sekitar proyek Tango.

Pada tahun 2003, Brussels Jazz Orchestra merayakan ulang tahun ke 10 dengan sebuah konser di Brussels, menampilkan pemain terompet Amerika Tom Harrell sebagai tamu. Di akhir tahun itu ada BJO tur bersama Paul Michiels, dan memainkan konser khusus dengan Toots Thielemans, Bert Joris & Philip Catherine, Maria Schneider, Kenny Werner, de Filharmonie, Dave Liebman, Phil Woods, Erwin Vann, Norma Winstone, dan Kenny Wheeler. Setelah banyak konser dengan Kenny Werner, akhir Februari mereka rekaman Naked in the Cosmos (Jazz ‘n Pulz) di Studio Toots. De Standaard memberi komentar singkat  “BJO bermain dengan keterampilan. Band ini mengesankan. ”

Selain jadwal konser sepanjang tahun, BJO juga memiliki sejumlah proyek pendidikan. Bekerja sama dengan Jeugd & Muziek, Brussels Jazz Orchestra menyelenggarakan konser tahunan Double-Bill dengan menyambangi konservatori di Leuven, Ghent, Antwerp dan Brussel dimana masing-masing berkesempatan untuk bakat-bakat terampil mendapatkan beasiswa. Dan sejak tahun 2004 telah ada Kontes Komposisi Internasional dua tahunan dari mana komposisi pemenang akan menjadi bagian dari repertoar BJO; pemenangnya dipilih oleh juri internasional. Proyek lain yang memberi para musisi muda kesempatan di dunia jazz adalah Youth Jazz Orchestra; di bawah pengawasan artistik BJO, orkestra ini memulai debutnya pada bulan November 2008. Selanjutnya, BJO juga menyelenggarakan lokakarya, di mana musisi amatir dapat menikmati kursus singkat big band dalam konteks profesional.

BJO menerima pengakuan internasional untuk proyek-proyeknya. Pada Mei 2011 Tutu Puoane dan Brussels Jazz Orchestra memenangkan Penghargaan Musik Afrika Selatan dengan album ‘Mama Afrika’ mereka dalam kategori “Album Jazz Tradisional Terbaik”. Michael de Cock memenangkan Zilveren Griffel, penghargaan sastra pemuda paling penting dari Belanda, dengan bukunya ‘Vliegen tot de Hemel’. BJO berkontribusi dengan menyusun dan melakukan soundtrack dari pemutaran audio ini. Brussels Jazz Orchestra juga tampil di soundtrack dari film The Artist, yang menerima beberapa penghargaan di festival film di seluruh dunia.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker