Profile

Klarinetis Marshal Royal

Marshal Walton Royal Jr. atau populernya Marshal Royal lahir 5 Desember 1912, Sapulpa, Oklahoma, Amerika adalah seorang klarinetis jazz Amerika dan alto saxophonist yang terkenal karena karyanya dengan Count Basie, dimana ia selama hampir dua puluh tahun ambil bagian.

Karir profesional perdananya bermula dengan band Lawrence Brown di Danceland di Los Angeles dan itu membawanya pada pertunjukan reguler di Apex, bekerja di Blue Blowers milik Curtis Mosby.

Selama periode 1931-1939 Royal bersama orkestra Les Hite di Cotton Club, yang berada di dekat studio MGM di Los Angeles. Dia menghabiskan 1940-1942 dengan Lionel Hampton, sampai perang menyetop karirnya.

Bersama saudara laki-lakinya, Ernie, ia bertugas di Angkatan Laut AS dalam 45-piece band resimen yang tergabung pada sekolah pelatihan prefek Angkatan Laut untuk sekolah pilot St. Mary’s College di Moraga, California. Band ini bermain untuk reli, peninjauan resimen, pertandingan sepak bola, dan dalam konser untuk taruna dan komunitas. Dua band swing diorganisir dari band resimen yang lebih besar, dan mereka bermain untuk para pecarí hiburan di USO dan klub perwira. Royal adalah pemimpin Bombardiers, salah satu band, yang juga menyertakan saudaranya, Ernie, Jackie Kelson (kemudian dikenal sebagai Jackie Kelso), Buddy Collette, Jerome Richardson, dan Vernon Alley.

Setelah dinas militernya, Royal bermain bersama Eddie Heywood, kemudian melanjutkan bekerja di studio di Los Angeles, California. Pada tahun 1951 Royal menggantikan Buddy DeFranco sebagai clarinetis dengan Count Basie septet, yang dibentuk Basie setelah keadaan memaksanya untuk membubarkan bigbandnya. Ketika band Basie direformasi pada tahun berikutnya, Royal tetap sebagai alto saxophonist dan sebagai direktur musik sampai tahun 1970.

Ketika dia meninggalkan Basie pada tahun 1970, Royal menetap secara permanen di Los Angeles, terus bermain dan merekam, bekerja dengan bigband Bill Berry, Frank Capp dan Nat Pierce, Earl Hines, dan Duke Ellington. Royal tercatat sebagai pemain solo dengan Dave Frishberg pada tahun 1977, dan dengan Warren Vache pada tahun 1978. Dia memimpin sebuah band dengan Snooky Young pada tahun 1970-an dan 1980-an, merekam dengan formasi ini pada tahun 1978,dan dengan Ella Fitzgerald dan Gene Harris, diantaranya.

Pada tahun 1989 ia memimpin kursi alto dengan band Frank Wess. Royal adalah seorang bintang tamu di The Lawrence Welk Show (Salute to Irving Berlin).

Marshal meninggal di Culver City, California, pada 9 Mei 1995 dalam usia 82 tahun.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker