Profile

Pianis Azerbaijan Shahin Novrasli

Dia adalah salah satu pianis hebat yang pernah saya dengar ..” -Ahmad Jamal –

Tumbuh di Azerbaijan, bakat langka Shahin lahir dari berbagai pengaruh komposisi negaranya serta warisan musiknya yang tidak biasa dan kaya. Di usia lima tahun, ia memulai studi klasiknya di Akademi Musik Bulbul Baku yang terkenal penuh disiplin. Pada usia sebelas tahun, ia tampil dengan Orkestra Simfoni setempat di State Philharmonic Hall.

Dengan elegan Shahin memadukan pengetahuan klasiknya, kesenian tradisional Azerbaijan “Mugham” dan jazz. Shahin menciptakan dunia musikalnya sendiri yang unik dan sempurna, di antaranya ia menggabungkan budaya timur dan barat. Gelombang lembut melodi eksotis, harmoni yang kuat dan tajam, ritme timur yang berubah-ubah berpadu Jazz Amerika yang agung dan kuat.

Shahin melakukan tur pertamanya di Amerika dan Eropa pada tahun 1997 dengan berbagai proyek: trio, solo, kuartet, dll. Ada juga percobaan; menambahkan instrumen yang berbeda ke grup, termasuk suaranya sendiri. Shahin telah merekam tiga album live: Live in Moscow, Live in Prague Castle dan Jz’Mu, Live in Baku. Ada juga album eksperimental Eternal Way, dan Bayati, direkam saat tinggal dan tur di Amerika dan dirilis pada label Jazz Bee Prancis. Penelitian mendalamnya tentang mugham menjadi bahan racikannya memajukan perpaduan Barat dan Timur baik dalam komposisi dan konsernya.

Lihat lebih banyak tentang Shahin Novrasli di https://www.shahinnovrasli.com/

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker