Profile

David “Fathead” Newman

Newman lahir di Corsicana, Texas, pada 24 Februari 1933, tetapi dibesarkan di Dallas, tempat ia mempelajari piano dan saksofon.

Menurut satu sumber, ia mendapat julukan “Fathead” di sekolah ketika instruktur musik yang marah memergoki Newman memainkan pawai Sousa dengan menghapal, bukannya membaca lembaran musik, yang diletakkan terbalik di atas stand partitur.

Terinspirasi pemain blues Louis Jordan, Newman mengambil alto saxophone di kelas tujuh, dan dibimbing oleh mantan pemain saksofonis Count Basie, Buster Smith. Sempat belajar di Jarvis Christian College dengan beasiswa musik dan teologi namun memutuskan berhenti sekolah  dan mulai bermain jazz dan blues, dengan sejumlah musisi, termasuk Smith, pianis Lloyd Glenn, dan pemimpin band gitar Lowell Fulson dan T- Bone Walker.

Newman juga dijuluki sebagai “Texas Tenor”.

Newman bertemu dan berteman dengan Ray Charles pada awal 1951 ketika Charles bermain piano dan bernyanyi dengan band Lowell Fulson. Newman akhirnya bergabung dengan band Charles pada tahun 1954 sebagai pemain saksofon bariton, tetapi kemudian beralih ke tenor dan menjadi solois saksofon utama Charles setelah pemain saksofon tenor Don Wilkerson meninggalkan band.

Pada tahun 1959, Newman merilis album debutnya, Fathead: athead: Ray Charles Presents David Newman, dengan Charles bermain piano. Dia tinggal bersama band Charles sampai tahun 1964, dan bergabung kembali dengan grup itu pada tahun 1970–1971.

Newman meninggal di Kingston, New York 20 Januari 2009, pada usia 75 tahun karena kanker pankreas.

Tags

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker