Review

GEORGE BROOKS – NIGHT SPINNER

GEORGE BROOKS “NIGHT SPINNER”
Moment Records MR 101

Komposisi:
1. The Esio Trot 7:14

2. Water Dance 6:59

3. Hymn 2:39

4. Night Spinner 4:57

5. In the Grotto 9:39

7. Looking East 4:42

8. Images 6:03

9. Romance 6:50

10. Midnight Meeting 5:32

Musisi :

George Brooks: composer/saxophone

Zakir Hussain: tabla, dholak, vocal & percussion

Krishna Bhatt: sitar

Jack Perla: piano

David Belove: bass

David Rokeach: drums

Aashish Kahn: sarod

Sultan Khan: sarangi

Tommy Kesecker: vibes and bowed vibes

Molly Holm: vocals

Jika anda ingin mendengarkan bagaimana suara tabla dan saksofon berpadu ditambah instrumen khas dari tanah hindustan, mungkin album George BrooksNight Spinner bisa dijadikan pilihan. Mengusung 10 komposisi, saksofonis jebolan New England Conservatory of Music tahun 79 ini menyajikan hasil eksplorasinya dengan memadukan musik jazz dan india yang didukung sejumlah artis ternama seperti Zakir Hussain(Tabla), Aashish Khan(Sarod – anak tertua Ali Akbar Khan), Sultan Khan(Sarangi). Selain pemain lain seperti Jack Perla(piano), David Belove(bass), David Rokeach(drum), Tommy Kesecker(vibraphone) dan Molly Holm(vokal pada lagu terakhir).

Pada nomor “Night Spinner” misalnya lagu ini dibuka dengan komunikasi antara tabla dan saksofon, menarik untuk dinikmati. Atau “Water Dance”, yang dibuka dengan permainan sarangi Sultan Khan yang meditatif. Aashish Kahn mempertontonkan kemahirannya memainkan sarod – mirip gitar – ketika membuka komposisi “In The Grotto” yang panjangnya hampir sepuluh menit. Nomor lain, “Looking East”, “Images”, “Midnight Meeting”, sayang bila terlewatkan.

Brooks yang memainkan Tenor & Soprano Sax serta Bass Clarinet ini pernah tour bersama Etta James selain bekerjasama dengan Anthony Braxton, Albert Collins, Turtle Island String Quartet, Larry Coryell dan Henry Kaiser. Ia sempat pula hadir di ensembel yang dipimpin Gunther Schuller, Jimmy Guiffre, dan Slide Hampton.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker