Review

Steve Lacy – Mal Waldron – I Remember Thelonious

Duet antara Mal Waldron dan Steve Lacy dalam album “I Remember Thelonious” yang direkam dalam live mereka di Jazz Intl’ Festival Vignolia ini merupakan kolaborasi duet mereka berdua yang telah kesekian kali, duet ini memang merupakan duet yang cukup legendaris dalam khasanah musik jazz, duet mereka berdua juga telah banyak menghasilkan album-album masterpiece antara lain “Sempre Amore” (1986).

Dalam “I Remember Thelonious” mereka berdua mencoba memainkan dan meninterpretasikan karya-karya dari pianis jazz legendaris Thelonious Monk, selain memainkan delapan komposisi dari Monk mereka juga memainkan satu lagu karya pianis legendaris lainnya Bud Powell.

Steve Lacy sendiri terkenal dengan kepiawaiannya dalam menginterpretasikan karya-karya Monk, album-album unggulannya dalam hal ini antara lain album “Reflections” (1958), dimana dalam album ini Mal Waldron juga ikut membantu. Kemudian duet dengan Mal Waldron dalam album bertitel “Let’s Call This…Esteem” (1993). Dan sepertinya album ini juga hanya mengulang kesuksesan mereka tersebut, meskipun ada beberapa lagu yang dmainkan dengan sangat bagus seperti “Round Midnight” yang dibawakan dengan sangat Impressive dan “Epistropy” yang dibawakan dengan improvisasi yang sangat briliant.

Waldron sendiri tidak kesulitan dalam mengembangkan permainannya dalam memainkan karya-karya Monk, karena dia sendiri juga dikenal sebagai pengikut gaya Monk.

Steve Lacy – Mal Waldron – I Remember Thelonious
1999, Jazz Around JAR 959-2

Komposisi:
1. Monk’s Dream (6:23)
2. Reflections (7:13)
3. Epistrophy (6:15)
4. Mysterioso (7:08)
5. Let’s Call This (6:35)
7. Evidence (4:50)
8. Well You Needn’t (3:09)
9. I’ll Keep Loving You (9:10)

Musisi :
Steve Lacy : Soprano Saxophone
Mal Waldron :
Piano

Link terkait:

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker