Review

Maryono & Ireng Maulana – Maryono Jumpa Ireng

Dua dedengkot jazz bertemu dalam satu album jazz yang kolaboratif, Ireng Maulana (gitar dan banjo) serta Maryono (klarinet dan alto saxophone).

Dari ke 10 lagu yang dibawakan di album ini sama sekali tak ada satu pun yang merupakan repertoar musik jazz, melainkan sederet lagu-lagu pop serta lagu daerah yang oleh Ireng Maulana sebagai arranger ditafsirkan menjadi sebuah karya jazz yang hangat.

Penampilan Maryono dan Ireng Maulana pun tak membuat dahi berkernyit. Sebuah penampilan musik yang bisa menemani saat relaksasi anda.

Maryono sendiri memperlihatkan kepiawaiannnya meniup alto saxophone dan klarinet dalam beberapa komposisi seperti “Symphoni Yang Indah” karya Robby Lea yang dipopulerkan oleh Bob Tutupoly, kini tampil secara paripurna lewat tiupan klarinetnya yang melodius tapi tetap tak menghilangkan kadar improvisasi seperti galibnya karya jazz.

Album kolaborasi Ireng dan Maryono ini pun dipertegas dengan aksentuasi brass section yang dimainkan oleh Udin Zach (flute,tenor saxophone), Etto Latumenten (trumpet) dan Pramono (trombone) dengan rhythm section yang didukung Rony Isani (bass), Karim Suweileh (drums), Arman Marah (keyboard) dan Dullah Suweileh (perkusi). Jangan lupa dibeberapa lagu tampil pula harmonisasi voicing yang disurakan Pretty Sisters.

Lagu lagu yang pantas disimak antara lain “Kesepian” karya A. Riyanto, “Semua Bisa Bilang” karya Charles Hutagalung, serta “Citra” karya Sam Bimbo dan Jaka Bimbo.

Judul Album    : Maryono Jumpa Ireng
Artis               : Maryono & Ireng Maulana
Label              : Granada
Tahun Rilis      : 1981

Track List
1.Semua Bisa Bilang
2.Citra
3.Panggayo
4.Kesepian
5.Layu Sebelum Berkembang
6.Kerinduan
7.Hanya Untukmu
8.Kelopak Cinta
9.Tabah Selalu
10.Symphony Yang Indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker