Review

Elfa’s Singers – 30 Tahun Karier – Sing The Best

Judul Album     : 30 Tahun Karier Sing The Best
Artist               : Elfa’s Singers
Label               : Target Pop
Tahun Rilis       : 2009

Tracklist
1. Sesuatu
2. Masa Kecilku
3. Selamat Datang Cinta
4. Kembalikan Baliku
5. Kata Hatiku
6. Pesta
7. Berlari
8. Let’s Jive
9. Melayang
10. Selamat Malam Kekasih
11. Aku Jatuh Cinta

Ada 11 lagu yang termaktub di album retropeksi 30 tahun Elfa’s Singer yang juga menyusupkan bintang-bintang muda seperti Andien, Sherina Munaf dan kelompok suara remaja E-Voices.

Musiknya digarap oleh Elfa Secioria sendiri, berdampingan dengan Tohpati hingga Indro Hardjodikoro. Sungguh sebuah kolaborasi lintas generasi yang bersimbiose mutualisme.

Dikuakkan dengan karya a capella Elfa Secioria “Sesuatu” yang telah direkam 20 tahun silam. Kini dibawakan kembali dengan bentuk kuartet. Geregetnya tak kalah dengan yang dahulu, demikian pula halnya “Masa Kecilku”, sebuah lagu yang tampaknya menjadi semacam oase atas surutnya lagu anak-anak di era sekarang ini.

Sherina Munaf yang beranjak remaja seolah menjadi bagian dari Elfa’s Singers dalam, lagu “Selamat Datang Cinta” karya Elfa Secioria dan Wieke Gur Salameh yang dinyanyikan Harvey Malaiholo pertamakali pada Festival Lagu Populer Indonesia 1985.

Banyak lagu-lagu hasil Festival Lagu Populer yang bertebaran di album “Sing The Best” ini diantaranya “Kembalikan Baliku” karya Guruh Soekarno Putera (1987), ”Kata Hatiku” karya Iwan Wiradz, Hermawan dan Ferina (1988) maupun “Pesta” karya Hentriesa dan Wieke Gur Salameh (1987). Tapi di arransemen ulang dengan atmosfer yang lebih cair dan warm.

Dalam “Kembalikan Baliku” bertabur gaya reggae yang diimbuh brass section. Lagu “Pesta” lebih bernuansa sekarang yang memadukan scat singing dan rappin’ serta loopin’ drum.

Elfa’s Singer pun menyajikan 3 lagu baru seperti “Let’s Jive” yang bernuansa swing dan boogie woogie yang mau tak mau mengingatkan kita pada The Manhattan Transfer saat menyanyikan “Java Jive” maupun “Tuxedo Junction. Lagu “Berlari” dibawakan dengan tema soul funk yang menggairahkan serta “Melayang” yang seolah membawa kita terbang melayang menikmati alam Indonesia dari balik awan.

Namun ketika menyimak refrain “Melayang”, kok notasinya nyerempet ke lagu “Fly Away” nya Peter Allen ? Sebuah kebetulankah ?.

Album “Sing The Best” 30 Tahun Karier  Elfa’s Singers ini tampaknya seperti ingin menjembatani dua generasi, yang dulu dan yang sekarang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker