Review

Terri Lyne Carrington – The Mosaic Project

Album: The Mosaic Project
Label: Concord Jazz, 2011

01. Transformation (Nona Hendryx/Kevin Staples/Carol Pope)
02. I Got Lost in His Arms (Irving Berlin)
03. Michelle (Paul McCartney/John Lennon)
04. Magic and Music (Terri Lyne Carrington)
05. Echo (Bernice Johnson Reagon)
06. Simply Beautiful (Al Green)
07. Unconditional Love (Geri Allen)
08. Wistful (Terri Lyne Carrington)
09. Crayola (Esperanza Spalding)
10. Soul Talk (Terri Lyne Carrington/Nona Hendryx)
11. Mosaic Triad (Terri Lyne Carrington)
12. Insomniac (Terri Lyne Carrington)
13. Show Me a Sign (Carmen Lundy)
14. Sisters on the Rise (A Transformation) (Nona Hendryx/Kevin Staples/Carol Pope)

Suara – suara lantang soal femininitas masa kini yang terekam lewat 14 trek The Mosaic Project, dipandu oleh Terri Lyne Carrington. Menariknya, seluruh pemain dalam album ini adalah perempuan.

The Mosaic Project
The Mosaic Project

Proyek lintas generasi, budaya, dan preferensi musik bertajuk The Mosaic Project ini tergagas oleh drummer-komposer-produser Terri Lyne Carrington, dengan merangkul musikus wanita dari beragam latar belakang sosio-musikal. Ibarat mozaik, tiap elemen “warna” membentuk sebuah perspektif integral tentang tema kewanitaan melalui kreatifitas dan kesadaran – hasilnya merupakan sebuah pengalaman auditif yang asyik pula informatif.

Terri Lyne Carrington - The Mosaic Project
Terri Lyne Carrington - The Mosaic Project

Konstelasi pendukung album ini ialah para pemusik hebat pun inspirasional, namun, konyolnya, kerap terasing juga di-nomor dua-kan oleh sebab ketimpangan gender. Beberapa di antaranya merupakan instrumentalis dan penyanyi jazz terdepan, sebut saja Dee Dee Bridgewater, Dianne Reeves, Cassandra Wilson, Esperanza Spalding, Gretchen Parlato, Tineke Postma, Ingrid Jensen, Anat Cohen, hingga Gerri Allen.

“Ada bagian diri saya yang sangat menginginkan kompleksitas jazz, dengan segala melodi dan harmoni provokatif, tetapi ada juga bagian lain, begitu menikmati serunya funk pula musik pop yang mudah diakses berbagai kalangan,” papar Terri perihal proyeknya ini. Setidaknya itulah aneka bunyi yang terdengar, meramu jazz modern, R&B, funk, blues, tradisional, sampai hip-hop.

Pembukanya adalah “Transformation,” dilagukan lantang oleh Nona Hendryx, dengan beat sangat groovy terhias tiupan trumpet Ingrid Jensen. Vokalis Gretchen menafsirkan kembali gubahan Irving Berlin “I Got Lost in His Arms” kental berlekuk R&B, serta lagu hit The Beatles, “Michelle,” simak suaranya yang melenakan, diliputi iringan instingtif pula solo trumpet Ingrid dan saksofon sopran Tineke.

Ada pula nomor bernuansa politis, tercantum narasi Angela Davis mengomentari perbudakan, berlanjut bisikan Dianne Reeves yang bluesy atas “Echo.” Nikmati aksi Esperanza Spalding lewat vokal pula kontrabasnya di lagu “Crayola,” tambah seru lewat tiupan klarinet Anat Cohen serta denting rhodes Helen Sung. Tembang lain yang patut disimak adalah “Simply Beautiful” menampilkan Cassandra Wilson dan “Soul Talk” terdendang oleh Dee Dee Bridgewater, dilengkapi tepukan perkusi Sheila E. dan jentikan gitar Linda Taylor yang kembali unjuk kebolehan pada “Mosaic Triad.”

Permainan drum Terri memang begitu energik, presisi, sekaligus liris, wanita sarat pengalaman ini turut sumbang suara dalam komposisi elusif “Magic and Music,” kemudian beralih menuju kompleksitas bunyi “Insomniac,” “Unconditional Love,” juga alunan “Wistful.”

Dua nomor terakhir, “Show Me a Sign” dibawakan oleh Carmen Lundy, sementara iringannya bergaya improvisasi bebas tanpa patokan birama, kemudian berlaih dentuman hip-hop pada “Sisters on the Rise” dengan repetan Nona Hendryx dan Shea Rose yang menyemangati sisterhood untuk bertransformasi dan berbuat sesuatu untuk perubahan. Makin ramai oleh geliat samba elektronik pada bagian akhir sebagai konklusi.

Rise up, sisters!

Personil

Terri Lyne Carrington: drum, perkusi, vokal
Geri Allen: piano, kibor (trek 1, 3, 6, 7, 10, 11, 13)
Dee Dee Bridgewater: vokal (trek 10)
Anat Cohen: klarinet, klarinet bas, saksofon sopran
Angela Davis: narasi (trek 5)
Sheila E.: perkusi (trek 1, 5, 6, 10)
Nona Hendryx: vokal (trek 1, 14)
Ingrid Jensen: trumpet, flugelhorn, efek
Mimi Jones: kontrabas (trek 4)
Carmen Lundy: vokal (trek 13)
Chia – Yin Carol Ma: violin
Hailey Niswanger: flute
Gretchen Parlato: vokal (trek 2, 3)
Tineke Postma: saksofon sopran & alto
Dianne Reeves: vokal (trek 5)
Shea Rose: vokal (trek 14)
Patrice Rushen: piano, kibor (trek 1, 2, 5, 10, 11)
Esperanza Spalding: kontrabas, vokal (trek 7, 9)
Helen Sung: piano, kibor (trek 2, 4, 5, 8, 9, 11, 12)
Linda Taylor: gitar
Cassandra Wilson: vokal (trek 8.)

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker