Review

Pat Martino Quartet – Undeniable: Live at Blues Alley

Album: Undeniable: Live at Blues Alley
Label: HighNote Records, 2011

1. Lean Years
2. Inside Out
3. Goin’ to a Meeting
4. Double Play
5. Midnight Special
6. ‘Round Midnight
7. Side Effect

Pat Martino Quartet - Undeniable
Pat Martino Quartet - Undeniable

Gitaris veteran Pat Martino (lahir 1944), dengan bentang karir bermusik lima dekade serta merangkul idiom-idom jazz mainstream, fusion, post bop, hard bop, dan soul jazz, kembali hadir lewat album terbaru Undeniable: Live at Blues Alley.

Ini adalah rekaman pertunjukan langsung Pat yang mengusung Pat Martino Quartet, bersama saksofonis Eric Alexander, organis Tony Monaco, juga pemain drum Jeff “Tain” Watts.

Sebagai pemain berpengalaman, Pat menghadirkan sentuhan khasnya yang memiliki tone bulat, jernih, pula energik. Simak kebut trek pembuka “Leaning Years,” dengan riff yang begitu catchy, berlanjut pengolahan tema ekstensif antar instrumen, membawa kenangan atas garapan organis Jimmy Smith di masa lampau. Diteruskan oleh nomor berkelir soul jazz, “Inside Out,” mengalun santai dan ayunan iramanya tak tertahankan.

Decak kagum audiens serta tepukan tangan seiring ritme terdengar dalam “Goin’ to a Meeting,” kental sekali nuansa bluesnya. Gubahan Thelonious Monk, “‘Round Midnight,” dimainkan apik dengan Pat selaku juru melodi, sedangkan Tony membunyikan organ dengan lirih, dibarengi ketukan drum sensitif Jeff.

Album ini dituntaskan oleh “Side Effect,” dapat dinikmati hembusan saksofon Eric yang lincah, sesekali melebur dengan warna suara gitar Pat yang cemerlang. Olahan frasenya sangat menarik, aman terjaga dalam iringan solid keempat personil yang berimbang serta saling melengkapi.

Personil

Pat Martino: gitar
Eric Alexander: saksofon tenor
Tony Monaco: organ
Jeff “Tain” Watts: drum

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker