Review

Aldo Romano – Inner Smile

Album: Inner Smile
Label: Dreyfus Jazz, 2011

01. Positano
02. More
03. Kind of Autumn
04. Anny’s Lullaby
05. Il Piacere
06. Old Devil Moon
07. Inner Smile
08. My Funny Valentine
09. Where Is Aldo?
10. E Si Sogna
11. I’m Getting Sentimental Over You

Aldo Romano - Inner Smile
Aldo Romano - Inner Smile

Lahir di Italia namun sedari kecil bermukim di Paris, drummer Aldo Romano mengawali karir profesional sebagai gitaris. Ketika itu memasuki tahun 1950-an, namun Aldo menarik perhatian waktu menjalin kerjasama dengan Don Cherry tahun 1963. Selanjutnya ia sempat melakukan sesi rekaman bersama Steve Lacy dan ikut rangkaian tur Dexter Gordon. Aldo pula berperan besar dalam permulaan karir pianis Michel Petrucciani.

Walaupun tinggal di Paris, tetapi darah Italia yang mengalir padanya tak bisa dipungkiri. Terasa lewat tiap pukulan drum Aldo yang dramatis, presisi, dan puitis. Di album ini, turut membantu rekan Italia Enrico Rava (trumpet), serta dua musikus Perancis, pemain kontrabas Thomas Bramerie dan pianis Baptiste Trotignon. Deretan nomor meliputi komposisi baru maupun jazz standar dalam aransemen segar.

Berawal “Positano” yang berbunyi liris, nikmati jalinan melodi, ritme, dan harmoni di dalamnya, beralih nomor Italia “More” dengan sentuhan bossa, Enrico sebagai penyaji tema. Tampak pula garapan mengacu pada improvisasi bebas di komposisi kolaboratif empat personil, “Kind of Autumn” penuh terjangan bunyi antar instrumen tetapi juga saling dukung.

Title track “Inner Smile” bernuansa elusif, temponya begitu lentur dan mengalir lepas, terlihat para pemain bereksplorasi penuh. Dengarkan juga rendisi “Old Devil Moon” berbalut swing, sesi trading fours atas balada “My Funny Valentine,” diakhiri alunan santai “I’m Getting Sentimental Over You.”

Pemain

Aldo Romano: drum
Enrico Rava: trumpet
Baptiste Trotignon: piano
Thomas Bramerie: kontrabas

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker