Review

Enrico Pieranunzi – Permutation

Album: Permutation
Label: CAM Jazz, 2012

1. Strangest Consequences
2. Critical Path
3. Permutation
4. Distance From Departure
5. Horizontes Finales
6. Every Smile of Yours
7. Within the House of Night
8. The Point at Issue
9. A Different Breath

Enrico Pieranunzi - Permutation
Enrico Pieranunzi - Permutation

Pianis ternama asal Italia, Enrico Pieranunzi, hadir kembali meramaikan jagat jazz lewat album gres berjudul Permutation. Berformat trio, Enrico menggandeng dua musisi dahsyat yaitu drummer Antonio Sanchez dan Scott Colley di posisi kontrabas. Tercantum sembilan trek komposisi asli sang empunya album dalam gaya stilistik.

Album ini menyuguhkan rentang dinamika yang ekstensif, mulai dari kompleksitas harmoni jazz Eropa, struktur kalimat musik klasik yang digemari Enrico, hingga pendaran lirisisme bunyi yang melantun indah. Untuk itulah Enrico mempercayakan gagasannya tersebut kepada Antonio dan Scott, “Mereka berdua lebih dari sekedar basis dan pemain drum, Antonio dan Scott merupakan seniman bunyi dengan musikalitas luar biasa, orisinil, pula berkepribadian artistik. Berkolaborasi dengan keduanya adalah menakjubkan,” ujar Enrico.

Pembukanya adalah gerakan cepat “Strangest Consequences” yang kemudian melebar kepada “Critical Path” sebelum memasuki zona interplay “Permutation” sebagai title track. Bergaya pianistik dan meleburkan harmoni-harmoni disonan, nomor “The Point at Issue” hadirkan aksi solo kontrabas Scott yang imajinatif, di bagian akhirnya ialah Anthony turut bersinar lewat pukulan-pukulan rumit dan presisi.

Trio ini sajikan pula rayuan balada dalam trek naratif “Distance From Departure,” juga enigmasi “Within the House of Night” yang terasa kelam namun sekaligus liris. Simak pula laju sukat ireguler meliputi komposisi “Horizontes Finales” dan irama menari “Every Smile of Yours” ingatkan pada garapan Bill Evans Trio di masa lampau.

Pemusik

Enrico Pieranunzi: piano
Scott Colley: kontrabas
Antonio Sanchez: drum

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker