Review

Jack DeJohnette – Sound Travels

Album: Sound Travels
Label: Entertainment One Records, 2012

1. Enter Here
2. Salsa for Luisito
3. Dirty Ground
4. New Muse
5. Sonny Light
6. Sound Travels
7. Oneness
8. Indigo Dreamscapes
9. Home

Jack DeJohnette - Sound Travels
Jack DeJohnette – Sound Travels

Dalam khazanah jazz, nama Jack DeJohnette merupakan eksponen kaya pengalaman pula memiliki musikalitas yang sulit ditandingi. Jack dikenal antara lain lewat permainan drum versatil, eksploratif, serta penuh inovasi.

Sejalan dengan itu, ia pun seorang legenda hidup yang telah bermain dengan sejumlah tokoh kunci perkembangan jazz; Miles Davis, John Coltrane, Bill Evans, Stan Getz, teritori free jazz bersama Roscoe Mitchell dan Richard Abrams, pula rekan sejawat Charles Lloyd, Chick Corea, serta membentuk trio super dengan Gary Peacock dan Keith Jarrett.

Tahun 2012 Jack dianugerahi NEA Jazz Master, serta merilis album bertajuk Sound Travels ini sebagai refleksi perjalanan karir bermusiknya dengan mengundang sejumlah rekan musisi lintas generasi. Mencantum sembilan nomor komposisi orisinil, album ini menampilkan gaya jazz latin yang selalu menjadi denyut utama permainan Jack DeJohnette.

Selain lihai menabuh drum dan perkusi, Jack terbilang fasih pula bermain piano, yang dapat disimak pada delapan trek Sound Travels. Bermula “Enter Here” dengan awalan denting bel dilanjutkan solo piano meditatif sang empunya album. Perkusionis Luisito Quintero turut ambil bagian, nomor “Salsa for Luisito” didedikasikan Jack untuk dirinya pun nyanyian Esperanza Spalding (sambil memetik kontrabas, tentunya), jentik gitar Lionel Loueke ditambah aksi trumpet Ambrose Akinmusire dan saksofon tenor Tim Reis menambah nikmat goyangan salsa.

Seniman vokal Bobby McFerrin ambil bagian untuk resitasi kontemplatif “Oneness” teriring perkusi dan piano Luisito pun Jack, di nomor lain Bruce Hornsby sumbang suara dalam “Dirty Ground” yang mengacu pada musik Afrika. Irama calypso menghiasi trek “Sonny Light” sebagai rekognisi kepada saksofonis Sonny Rollins sedangkan title track “Sound Travels” berpola ritmis ostinatik dalam nuansa tribal.

Laju post-bop terlihat jelas waktu memutar “New Muse” meliputi olah improvisasi trumpet dan saksofon alto, juga beat funky atas “Indigo Dreamscapes” hadirkan pianis Jason Moran, sebelum diakhiri permainan solo piano Jack pada teduhnya “Home” yang berpulang kepada indahnya balada gospel.

Pemusik

Jack DeJohnette: piano (1-7, 9), drum (2-6, 8.), resonating bell (1), vokal (2), kibor (3)

Tim Ries: saksofon tenor (2, 3, 5, 8.), saksofon sopran (3, 4)
Ambrose Akinmusire: trumpet (2, 4, 5)
Lionel Loueke: gitar (2, 3, 5, 6)
Esperanza Spalding: kontrabas, bas elektrik (2-6, 8.), vokal (2, 3)
Luisito Quintero: perkusi (2-8), vokal (2)
Bruce Hornsby: vokal (3)
Bobby McFerrin: vokal (7)
Jason Moran: piano (8.)

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker