Review

Jazzlab – Octo Portraits

Album: Octo Portraits
Label: Effendi Records, 2010

01. Ouverture
02. December Hymn
03. Tracing the Chain
04. Humor de la Noche
05. Trois récits de voyage
06. Phil’s Spirit
07. Tibout
08. Mrs. BB

Jazzlab - Octo Portraits
Jazzlab – Octo Portraits

Melanjutkan tiga rilis terdahulu Réunion, Ballades dan Chance Meeting, oktet Jazzlab hadirkan Octo Portraits yang mendaftar tepat delapan trek sebagai deskripsi personal kedelapan musisi. Album tersebut menampilkan formasi oktet yang terdiri atas lima instrumen tiup berikut piano trio yang relatif jarang dijumpai pada rekaman jazz masa kini.

Di seksi saksofon ialah Rémi Bolduc (alto), Frank Lozano (sopran & tenor) dan Alexandre Côté (bariton), Aron Doyle serta Richard Gagnon selaku trumpeter dan trombonis, juga elemen ritme dan harmoni John Roney, Alain Bédard dan Isaiah Ceccarelli untuk piano-kontrabas-drum. Di album ini tampak sajian musik yang semakin matang antar personil sejak rilis perdana mereka.

Seperti judulnya, nomor awal “Ouverture” membuka petualangan dengan introduksi fanfare “brassy,” sebelum alih tema oleh Frank lewat saksofon soprannya. Kemudian menuju lekuk bossa “December Hymn” yang ditiupkan Aron dan Richard hingga bunyi asimetris “Tracing the Chain” oleh gebukan energik Isaiah juga putaran cepat piano John.

Makin menggila dan impulsif, saat memutar “Trois récits de voyage” yang berkejaran, berbalas laju swing “Phil’s Spirit” dengan hembusan saksofon bariton Alexandre sebagai menu utama. Sebuah nomor balad dimainkan penuh sensitifitas dalam lamunan “Tibout” dilanjutkan penuntas yang kembali berdenyut bossa “Mrs. BB,” pun terdapat tekstur berbeda dibandingkan trek lainnya pada modus timur tengah bersampul jenaka “Humor de la Noche.”

Personil

Rémi Bolduc: saksofon alto
Frank Lozano: saksofon sopran & tenor
Alexandre Côté: saksofon bariton
Aron Doyle: trumpet, flugelhorn
Richard Gagnon: trombon
John Roney: piano
Alain Bédard: kontrabas
Isaiah Ceccarelli: drum

 

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker