Review

Dewa Budjana – Joged Kahyangan

Album: Joged Kahyangan
Label: MoonJune Records, 2013

1. Foggy Cloud
2. Joged Kahyangan
3. Dang Hyang Story
4. As You Leave My Nest
5. Majik Blue
6. Erskoman
7. Guru Mandala
8. Borra’s Ballad

Dewa Budjana - Joged Kahyangan
Dewa Budjana – Joged Kahyangan

“Joged Kahyangan” dan “Dan Hyang Story” menjadi dua karya andalan dalam Joged Kahyangan. Pada album ini Dewa Budjana terlihat sangat istimewa, dengan penggarapan dan pengolahan komposisi yang sederhana dan mudah untuk diingat tanpa mengaburkan sedikitpun bobot kualitas Budjana. Easy listening tapi tidak murahan. Album yang dikerjakan bersama Larry Goldings (piano, organ), Bob Mintzer (saksofon, klarinet), Jimmy Johnson (bas), Peter Erskine (drum) dan Janis Siegel (vokal) ini dirilis 2013, pada saat Budjana berusia 50 tahun. Album ini layaknya sebuah pencapaian yang pantas diperhitungkan bagi perjalanan karir Budjana, yang sosok dan musiknya sangat bisa mewakili jazz Indonesia yang sebenarnya. Tidak ada aroma mainstream namun kental dengan eksotisme, dan pastilah harmonisasi tertentu untuk mewakili ciri contemporary jazz.

Setiap komposisi dalam album ini punya ceritanya masing-masing. Pada “Erskoman” (nama panggilan Peter Erskine), terhitung sukat 6/8 ini didedikasikan secara khusus untuk Peter, yang selama ini telah membantu Budjana meraih prestasi internasional. “Setelah saya mendapat perhatian dari Peter, karir saya menjadi terbuka dan bisa berkolaborasi dengan banyak musisi mancanegara,” kata Budjana, seperti termuat dalam sebuah liner note panjang yang ditulis oleh John Kelman.

Album ini menjadi lebih manis dengan satu trek khusus yang dinyanyikan Janis: “As You Leave My Nest.” Musiknya dikerjakan Budjana, liriknya ditulis oleh Janis bersama Rabbi Harry Levin. Cita rasa akustik yang tergambar jelas dari permainan gitar Budjana memberikan keteduhan yang memikat, didukung suara Janis yang pas dan tidak saling mendahului dengan musiknya. Budjana juga merupakan seorang yang piawai menyulap syair menjadi lagu yang manis, lembut, namun tetap memiliki bobot keindahan yang tidak sederhana. Saat mencapai waktu 02:33 lagu ini diisi dengan interlude gitar elektrik dengan sound halus berikut improvisasi yang melodius, dilanjutkan sedikit filler dari organ Larry yang melengkapi keteduhan sebelum menghantarkan pada refrain.

Nomor kelima “Majik Blue” janganlah terlewat untuk dicermati baik-baik. Kita akan menemukan motif melodi yang mudah diingat di atas metrik yang cukup sulit (5/8). Di bagian tengah dan akhirnya, berkembang menjadi lebih rumit dengan sentuhan fusion serta permainan modus yang kental. Pun, trek ini didedikasikan Budjana untuk salah satu gitar andalannya: Parker Fly Deluxe Majik Blue. (Erie Setiawan/WartaJazz)

Pemain

Dewa Budjana: gitar
Larry Goldings: organ, piano
Bob Mintzer: saksofon, klarinet
Jimmy Johnson: bas
Peter  Erskine: drum
Janis Siegel: vokal  (trek 4)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker