Review

Fred Hersch and Julian Lage – Free Flying

Album: Free Flying
Label: Palmetto Records, 2013

1. Song Without Words #4: Duet
2. Down Home
3. Heartland
4. Free Flying
5. Beatrice
6. Song Without Words #3: Tango
7. Stealthiness
8. Gravity’s Pull
9. Monk’s Dream

Fred Hersch and Julian Lage - Free Flying
Fred Hersch and Julian Lage – Free Flying

Sembilan trek yang terdapat di album Free Flying ini merupakan rekaman live duet piano/gitar Fred Hersch dan Julian Lage di sebuah venue di New York, Februari tahun lalu. Fred ialah pianis kaya pengalaman dan memiliki rekam jejak karya ekstensif, melintasi banyak teritori musikal ditambah permainan piano yang sangat ampuh. Partnernya kali ini, Julian, seorang gitaris muda virtuosik dalam pencarian bunyi personal yang multi-faset pula kerap melabrak sekat-sekat genre parokial, dan sesi ini adalah salah satu bagian perjalanannya.

Sebagai gitaris, Julian memang bukanlah kolaborator pertama Fred, tercatat sang pianis pernah berkongsi dengan Jim Hall serta membuat album duet bersama Bill Frisell dalam Songs We Know (Nonesuch, 1998) yang menafsir sederet jazz standar. Untuk Free Flying, repertoarnya berupa komposisi orisinil Fred berikut dua rendisi milik Sam Rivers dan Thelonious Monk.

Baik piano maupun gitar, keduanya adalah instrumen yang independen dan untuk dapat berpadu secara proporsional, tantangannya bahkan lebih sulit lagi. Namun Fred dan Julian berhasil untuk mengatasi hal tersebut, yang terjadi di sini semacam dialog egaliter ketika masing-masing pemain saling mendengar dan berbicara sesuai porsinya, hasilkan olah bunyi yang begitu kaya serta penuh kesan.

Membuka lewat “Song Without Words #4: Duet,” Fred berikan tema primer berdenyut jazz latin pada awalnya, lalu beralih polifonik sementara Julian berikan aksen kontrapungtal hingga tiba saat dirinya beraksi solo. Nomor “Down Home” didedikasikan untuk Bill Frisell dan tampak pula sentuhan Americana juga anggunnya blues ditambah laju kanonik antar instrumen.

Pada title track “Free Flying,” kentara sekali suguhan versatilitas yang terdengar atraktif pun dimainkan tanpa beban dan mengalir. Teruntuk Jim Hall, Fred hadirkan nomor sinkopatik “Stealthiness” sekaligus merupakan spasi luas bagi Julian menebar pesonanya. Samar-samar irama swing “Beatrice” dilanjutkan oleh bunyi melankolia “Song Without Words #3: Tango,” begitu juga halnya “Heartland” dalam teduhnya bisikan ballad. Sajian terakhir adalah “Monk’s Dream,” intrikasi ritme, harmoni asimetris berikut ide-ide spontan di dalamnya menutup Free Flying dengan sejuta senyuman.

Pemain

Fred Hersch: piano
Julian Lage: gitar

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker