Review

Váczi Eszter Quartet – Belső Tenger

Album bertitel Belső Tenger ini adalah terbitan ketiga dari Váczi Eszter Quartet, grup asal Hungaria yang berdiri sejak 2002. Berperan sebagai front lady ialah biduan Eszter Váczi yang selain memiliki warna suara unik, dirinya pula hadirkan visi musikal eklektik. Ia juga penulis lirik di sebagian besar lagu di keseluruhan 11 trek terdaftar yang total menggunakan magyar nyelv (bahasa Hungaria).

Untuk album ini, Eszter didukung oleh pemain seperti István Gátos (piano, kibor), basis Bálint Gátos, Zsolt Mike di posisi drum dan petikan gitar Zoltán Schneider. Mereka suguhkan iringan yang mantap dan empatik, memberi landasan kuat bagi sang juru vokal dalam menyampaikan pesan.

Terlepas dari liriknya, pendengar yang terlebih dahulu menggemari garapan musik Anna Maria Jopek, Susie Arioli atau Madeleine Peyroux, akan menemukan korelasi bunyi atas lagu demi lagu dalam Belső Tenger ini. Semisal gurat bossa nova pada pembuka “Nincs tovább,” sentuhan pop Eropa Timur di balada “Szappanok” juga “San Sebastian,” serta title track bernuansa oseanik “Belső tenger,” yang sebanding dengan impresi Anna Maria.

Preferensi musikal beragam ditampilkan pula dalam hentakan nomor rockabilly “Rózsadombi,” ayunan khas Madeleine Peyroux untuk “Jules és Jim” dan “Dúdold ezt a dalt” hingga balutan bluegrass “Karion.” Rasa RnB terasa kuat dalam lagu berirama groovy “Félrefestett szájú néni,” sedangkan “Ana as-sirr” kentara sekali terinfluens oleh musik Arabik yang ditunjukkan lewat alunan melismatis, juga aksen berupa petikan gambus atasnya. Putaran terakhir album ini dinyatakan oleh alunan tenang dan sejuk pada tembang “A nyár meséje.”

Album: Belső Tenger
Label: Veq Records, 2014

01. Nincs tovább
02. Jules és Jim
03. Szappanok
04. Belső tenger
05. San Sebastian
06. Dúdold ezt a dalt
07. Karion
08. Félrefestett szájú néni
09. Ana as-sirr
10. Rózsadombi
11. A nyár meséje

Váczi Eszter Quartet – Belso Tenger

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker