Review

Eliane Elias – Made In Brazil

Eliane Elias - Made in Brazil
Eliane Elias – Made in Brazil

Eliane Elias – Made In Brazil
Album: Made In Brazil
Label: Concord Jazz, 2015

Wajar jika album yang [terkesan] komersial ini dinominasikan mendapat Grammy Award untuk kategori Latin Jazz Album. Namun, penggemar Brazilian jazz, dan penyuka gaya bermusik Eliane Elias tidak perlu fakta tersebut, karena album ini sudah lebih daripada itu.

Setiap album Eliane selalu tampil beda, bahkan dalam penyajian beberapa lagu yang sama, terlepas dari faktor variasi dan improvisasinya, kerap disajikan secara berbeda dengan versi sebelumnya, dalam warna, gaya, tempo, dan iramanya.Contohnya komposisi Ary Barroso yang di Brasil sering disebut “lagu kebangsaan” “Brasil (Aquarela Do Brasil)” yang di album “Paulistana” (1993) dimainkan dengan format trio akustik dengan nuansa samba modern, di sini disajikan lebih mengikuti perkembangan jaman dengan sentuhan Fender Rhodes yang gurih.Pemilihan judul “Made In Brazil”menjadi sangat tepat, bukan karena memang dibuat sebagian besar di Brasil dengan materi komposisi asli Eliane yang dibuat di sana, dan didukung beberapa tokoh Brazilian jazz papan atas Brasil saat ini, tapi memang tampil lebih nampak menonjol daripada album Eliane sebelumnya. Kita segera terbawa mengetukkan tumit atau jari kita, atau ikut menyanyikan scat-singing lineskelompokTake 6, begitu terdengar lagu-lagu, tidak hanyayang groovyseperti “Águas De Março”, “Incendiando” atau “Driving Ambition”, yang didukung rhythm sectionbassistMarcelo Mariano dan drummerkillerEdu Ribeiro, yang semakin naik daun setelah bergabung dalam band gitaris Chico Pinheiro, tetapi juga pada lagu bernuansa balada seperti “Some Enchanted Places”, yang dibantu drummer Rafael Barata dan bassistMarc Johnson.

Permainan solo Eliane pada piano akustik dan Rhodes yang sudah jadi ciri khasnya disajikan secara spesifik pada setiap lagu, akustik pada jenis balada dan elektrik pada jenis yang mengayun, meski kadang tampil mengisi sentuhan akhir yang melengkapi vokalnya semakin memikat, yang kali ini tidak terlalu terdengarberaksen Portugis pada syair berbahasa Inggris.

Repertoire lagu standar Bossanova di album ini diambil dari komposisi gitaris Roberto Menescal, yang juga tampil pada lagunya “Você”, Antonio Carlos Jobim dan Ary Barroso. Komposisi-komposisiasli Eliane, yang mengilhami judul album, meski mengingatkan pada komposisinya di album lama “So Far So Close”, berkesan lebih matang dan kontemporer.

Rob Mathes sebagai konduktor dan pengaransemen orkestra, sertapetikan gitarMarcus Teixeira cukup berarti dalam menggantikan peran mendiang Oscar Castro-Neves yang selama ini memberikan kontribusi besar pada beberapa album Eliane sebelumnya. Penekanan album ini pada vokal ditandai dengan kontribusi Mark Kibbledari Take 6 yang mengaransemen paduan suaramereka, termasuk kerja unison yang ketat namun cantik dengan bassist Mariano yang patut dicatat pada “Incendiando” dan suara khas Ed Motta pada “Vida (If Not You)”.

Jika ingin menunjukkan bagaimana bentuk Brazilian jazz yang berkualitas saat ini, album ini jadi salah satu pilihan yang mewakili, dengan satu kelebihan yaitu masih memiliki nilai jual yang kuat.

Tracks

  1. Brasil (Aquarela Do Brasil)
  2. Você
  3. Águas De Março [Waters of March]
  4. Searching
  5. Some Enchanted Place
  6. Incendiando
  7. Vida (If Not You)
  8. Este Seu Olhar/Promessas
  9. Driving Ambition
  10. Rio
  11. A Sorte Do Amor [The Luck of Love]
  12. No Tabuleiro Da Baiana
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker