Review

Krzysztof Kobyliński Trio feat Trilok Gurtu – Vigilia

Mari sejenak mengajak telinga kita untuk berjalan-jalan ke Polandia, yang mana, pernah ada Chopin dan Lutostawski di sana. Bedanya, kali ini, mari membicarakan pianis lain, yang pada Maret lalu sebuah karya nya diberi nama Vigilia, hadir untuk mengajak telinga kita ‘melancong’ menjelajahi perkawinan musik Ethno Jazz, folk pun Neoclassic selama empat puluh menitan.

Tak asing rasanya, nama seorang Krzysztof Kobyliński bagi kita, selain sebagai Director of Ethnojazz Festival Palmjazz dan The Jazovia Centre di Polandia, ia pun cukup sering menemani banyak musisi-musisi seperti Eric Truffaz, Reut Rivka, hingga Bill Evans. Dan untuk album ini pun ia menggandeng seorang Trilok Guru untuk memenuhi bebunyian urusan perkusi dalam albumnya. Tentunya selain Trilok Guru, dalam album ini juga, Krzystof dibantu oleh Stefano Dall’Ora untuk urusan vibrasi-vibrasi dari double bass.

Selama empat puluh menit, Album yang -tak berlebihan jika disebut sebagai album yang kental dengan Keberagaman- diisi oleh dialog-dialog yang terjalin tanpa menonjolkan siapa yang merasa paling berpengaruh dalam membangun komposisi. Krzysztof yang merupakan seorang Polandia, Trilok Gurtu yang berasal dari Mumbai, dan Stefano Dall’Ora yang berasal dari Italia, berdialog melalui instrumennya masing-masing, melepaskan segala bentuk identitas dirinya, menerjemahkan perdamaian dalam keberagaman melalui album ini.
Mari menyimak “Pink Year” komposisi yang dibuka oleh piano dari Krzysztof yang tak lama kemudian disambut oleh bebunyian perkusi dari Trilok Gurtu memberikan kesempatan bagi kita untuk menari layaknya seorang pemeran bollywood, komposisi ini seolah ingin memberitahu kepada kita bahwa “apapun masalah hidupmu, menarilah”. Kepekatan nuansa komposisi neoclassic dari piano Krzysztof melebur bersama tepukannya kepada gongs, shakers, wood blocks, clay pots, bells and chimes, yang pada akhirnya menghanyutkan perbedaan. Tak hanya itu, Stefano pun memberikan perannya dengan leluasa, jemarinya ikut menari dengan cukup manis di atas fret doublebass.

Artist: Krzysztof Kobyliński Trio feat Trilok Gurtu
Album:
Vigilia
Track List:
1 Vigilia
2 Impression e-minor
3 Pink Year
4 DTL
5 Sagrada Familia
6 Sagrada

Andi Mochamad

Lelaki yang senang sekali membaca tentang Filsafat seni, Hermeneutika, semiotika, postmodern, kurasi terhadap musik, hingga cultural studies.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker